MySQL TIDAK GRATIS

Sobat, saya termasuk yang terlambat mendengar / membaca tentang lisensi pemakaian MySQL. Beberpa hari lalu keponkan saya mengatakan MySQL tidak gratis. Spontan saya katakan, “Itu tidak benar. MySQL gratis karena kantor saya pakai bertahun-tahun”. Kemudian saya cek ke situs resmi MySQL. Ternyata benar apa yang dikatakan keponakan saya.

Saya sangat mencintai MySQL, selain karena gratis (awalnya memang gratis) baik untuk komersil atau non-komersil, sistem database ini banyak memiliki kelebihan yaitu mudah digunakan, proses kerjanya cukup cepat, dan aman. Bertahun-tahun software aplikasi yang ada di kantor buatan http://flexepower.com jalan stabil berkat dukungan dari MySQL.

Kelebihan MySQL yang tidak bisa dipungkiri adalah kepopulerannya yang mendunia, mengalahkan software database lain. Jika kita mengalimi kesulitan, maka cukup dengan buka browser internet maka kita bisa mencari solusi melalui banyak artikel, forum dan situs bantuan / tanya jawab.

mysql tidak gratis

Masalahnya sekarang adalah sejak Oracle membeli software ini, lisensi penggunaan secara gratis dihapus. Walaupun ada versi gratisnya, tapi itu hanya basa basi saja. Sebab syaratnya berat. Yaitu software aplikasi yang terhubung ke database tersebut harus di-share untuk umum secara gratis. Lalu kenapa saya pusing ? Dengan peraturan ini maka kantor saya harus mengeluarkan biaya untuk beli MySQL. Saya juga sedang belajar membuat sebuah software gratis pakai MySQL. Tapi source code nya tidak saya lepas. Jika sofware harus saya jual seharga MySQL maka tujuan awal saya tidak tercapai. Saya tidak bisa meberikan software 100% gratis. Jadi kabar dari keponakan saya itu memang kabar buruk buat saya. Sebagai ref silakan cari di http://mysql.com

Untungnya, sekarang sudah ada solusi jitu terhadap masalah saya. Yaitu ganti MySQL dengan MariaDB secara gratis. Walaupun saya belum mencoba, ada yang mengatakan MariaDB lebih baik dibanding MySQL. Harapan saya, semoga memiliki kwalitas yang sama. Kekurangan MySQL dimata saya adalah bila digabung dengan InnoDB maka terasa kelambatannya. Lalu bagiamana kecepatan MariaDB + InnoDB ? Mari kita selidiki ….

Tinggalkan Balasan

