DESAIN SISTEM DENGAN PHP MYSQL

  • DESAIN SISSTEM
    Desain sistem secara umum adalah identifikasi komponen-komponen sistem informasi untuk dikomunikasikan dengan pemakai. Tujuan desain sistem secara umum adalah memberikan gambaran secara global kepada pemakai tentang sistem yang akan dikembangkan. Ada beberapa alat yang digunakan saat desain yaitu :
    • Context Diagram
      Context Diagram adalah sebuah diagram sederhana yang menggambarkan hubungan antara entity luar, masukan dan keluaran sistem. Beberapa simbol yang digunakan dalam Context

      Data Flow Diagram (DFD)
      Data Flow Diagram adalah suatu model logika data atau proses yang dibuat untuk menggambarkan dariman asal data atau kemana tujuan data yang keluar dari sistem, dimana data disimpan, proses apa yang menghasilkan data tersebut dan interaksi antara data yang disimpan dan proses yang dikenakan pada data tersebut

      Entity Relationship Diagram (ERD)
      Entity Relationship Diagram adalah alat pemodelan data utama dan akan membantu mengorganisasi data dalam suatu proyek kedalam entitas-entitas dan menentukan hubungan antar entitas. Proses memungkinkan analisis menghasilkan struktur basisdata yang baik sehingga data dapat disimpan dan siambil secara efisien

      Relasi Data
      Relasi menyatakan hubungan dalam basis data. Relasi antar relasi dituliskan oleh foreign key atau relasi-relasi bertipe transaksi yang digunakan dalam basis data. Jenis-jenis relasi meliputi :

      • Relasi satu ke satu (one to one relationship)
        Relasi satu ke satu terjadi jika setiap nilai pada sutu relasi hanya mengimplementasikan sebuah nilai pada relasi lain yang direlasikan secara logik.
      • Relasi satu ke banyak (one to many relationship)
        Relasi satu ke banyak dapat terjadi jika setiap nilai pada suatu relasi mengimplementasikan banyak nilai pada relasi lain yang direlasikan secara logik.
      • Relasi banyak ke satu (many to one relationship)
        Relasi banyak ke satu terjadi jika banyak nilai pada suatu relasi mengimplementasikan satu nilai pada relasi lain yang direlasikan secara logik.
      • Relasi banyak ke banyak (many to many relationship)
        Relasi banyak ke banyak terjadi jika banyak nilai pada suatu relasi mengimplementasikan banyak nilai pada relasi lain yang direlasikan secara logik
  • PHP
    PHP adalah sebuah bahasa pemrograman yang berbentuk scripting. Sistem kerja ini adalah interpreter bukan sebagai kompiler. Bahasa interpreter adalah bahasa yang script2 program tidak harus diubah kedalam bentuk source kode, sedangkan bahasa kompiler adalah bahasa yang mengubah script2 program kedalam source code , selanjutnya dari bentuk source code akan diubah menjadi object code, bentuk dari object code akan menghasilkan file yang lebih kecil dari file mentahsebelumnya. Contoh software yang menggunakan PHP adalah software bisnis.

    phpmysql

  • PHPMYADMIN
    PHPMyAdmin merupakan sebuah program yang berbasis web yang dibuat menggunakan aplikasi PHP. Program ini adalah untuk mengakses database MySQL, intinya adalah digunakan untuk menjadi administrator dari server MySQL. Dengan program ini kita bisa mengolah database dari jarak jauh yaitu melalui browser web.
  • MYSQL
    MySQL adalah sistem manajemen database relasi yang bersifat open source. MySQL merupakan database yang sangat kuat dan cukup stabil digunakan sebagai media penyimpanan data. Sebagai database server yang mampu mengatur database dengan baik. MySQL merupakan database yang paling banyak digemari dan paling banyak digunakan dibanding sistem databse yang lain.

    Ketika desain sistem dengan PHP MySQL, anda harus menentukan jenis mesin internal MySQL yang akan diterapkan. Yang paling umum digunakan ada 2 macam, yaitu innodb dan myisam. Innodb memiliki fitur sekuriti yang bagus. Sedangkan myisam banyak digunakan diberbagai situs. Kelebihan myisam adalah aksesnya cepat.

    Referensi tentang PHP bisa dilihat di http://php.net

Iklan